Upaya Pemkab Sleman Turunkan Angka Kemiskinan dengan Pemutakhiran Data

Sebagai persiapan program pemutakhiran data kemiskinan di Kabupaten Sleman, Pemkab Sleman melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengadakan acara sosialisasi petunjuk teknis Musyawarah Padukuhan (Musduk) dan Musyawarah Kalurahan (Muskal) pada Senin (17/7), di aula Nakula Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman sekaligus ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sleman, Danang Maharsa.

Kepala Dinas Sosial, Mustadi, mengatakan acara sosialisasi ini dilakukan kepada perwakilan 86 Desa se-Kabupaten Sleman terkait pelaksanaan Musduk dan Muskal terkait pemutakhiran data kemiskinan. Disebutkan bahwa untuk mencapai kualitas data yang akurat, pelaksanaan musyawarah nantinya harus melibatkan berbagai unsur yang ada di lingkungan masing-masing.

“Dengan dukungan semua pihak, diharapkan bisa mendapatkan kualitas data yang baik,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menuturkan bahwa upaya pemutakhiran data kemiskinan sangat penting untuk efektivitas sasaran program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial. Sehingga diharapkan partisipasi dan peran aktif semua pemangku wilayah dalam melaksanakan musduk dan Muskal guna meng-update data kemiskinan di Kabupaten Sleman.

“Diharap 1.212 padukuhan dan 86 kalurahan semuanya melaksanakan musduk/muskal sesuai petunjuk teknisnya, serta pengumpulan hasil Musduk dan Muskal sesuai jadwal yang ditentukan,”¬†ujarnya.