Tinjau Gerakan Transisi Paud-SD yang Menyenangkan, Bupati Ajak Guru Pahami Karakter Anak

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meninjau gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, di SD Negeri Kadisobo 2 Trimulyo, Senin (18/9). Di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, Bupati yang sekaligus berperan sebagai Bunda PAUD memberikan arahan sekaligus menilik kegiatan belajar mengajar.

Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan menjadi strategi untuk membantu siswa dalam menerima pembelajaran. Dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan, termasuk dengan kolaborasi penggunaan permainan dan lagu, diharapkan dapat lebih mudah diterima anak-anak.

“Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jadi mari kita bimbing mereka agar bisa menikmati proses pembelajaran yang menyenangkan. Dengan lagu-lagu, permainan atau media pembelajaran sederhana yang mudah mereka pahami,” kata Bupati.

Bupati memberikan arahan kepada guru, agar anak-anak mendapatkan proses pembelajaraan secara bertahap. Bupati berharap agar guru dapat memahami karakter dan minat anak. Dengan begitu, proses pembelajaran diharapkan dapat berjalan lancar, mudah dipahami, dan tetap menyenangkan.

Kepala Sekolah SD Negeri Kadisobo 2, Sri Murtini melaporkan, SD Negeri Kadisobo 2 telah menjalankan gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Hal ini diwujudkan dengan beberapa langkah di antaranya dengan pembentukan tim, penyusunan program dan PPDB.

“Kami juga telah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah selama 10 hari. Semoga dengan upaya ini gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dapat berjalan dengan baik,” ujar┬áSri┬áMurtini.