Pemkab Sleman Gelar Seremonial Pamitan Calon Jamaah Haji Sleman tahun 2024

Sebanyak 1.253 calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan pamitan haji tahun 2024 yang diselenggarakan Pemkab Sleman dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (17/5).

Kegiatan pamitan calon jamaah haji tahun 2024 ini dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa serta jajarannya.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kemenag Sleman, Sidik Pramono menyampaikan bahwa pada tahun 2024, sebanyak 1.253 calon jamaah haji Sleman akan melakukan ibadah haji setelah antri kurang lebih selama 12 tahun.

“Calon jamaah haji tahun ini sudah mulai mendaftar pada tahun 2011, 2012 dan 2013. Calon jamaah haji akan diberangkatkan dalam 6 (enam) kloter,” ungkap Sidik.

Adapun keenam kloter calon jamaah haji Sleman yaitu kloter 48 dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 353 orang dan 7 orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada 24 Mei 2024.

Kemudian, kloter 50 dengan jumlah calon jamaah haji sama dengan kloter sebelumnya yaitu 353 orang dan 7 orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 25 Mei 2024. Di tanggal yang sama juga calon jamaah haji kloter 53 dengan jumlah 354 orang dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan.

Selanjutnya, sebagian calon jamaah haji Sleman masuk ke dalam kloter 54 yang berjumlah 112 orang bergabung dengan calon jamaah dari Kabupaten lainnya, dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada tanggal 26 Mei 2024. Begitu juga untuk calon jamaah haji sleman di kloter 81 dengan jumlah 41 orang, bergabung dengan calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2024.

Terakhir, sebagian calon jamaah haji Sleman masuk dalam kloter 100 bergabung dengan calon jamaah haji asal Kulonprogo yang dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 9 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut juga Sidik menuturkan pada tahun 2024 ini, calon jamaah haji tertua di wilayah DIY berasal dari Sleman yaitu Umirah Sutorejo (95), warga Dusun Krajan, Wedomartani Ngemplak. Sementara untuk calon jamaah haji termuda se-DIY juga berasal dari Sleman yaitu, Aledewa Raja (18), warga Kapanewon Ngaglik.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik pamitnya calon jamaah haji asal Sleman. Ia menyebut keberangkatan calon jamaah haji asal Sleman ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata.

“Saya berharap agar Bapak Ibu dapat memanfaatkan kesempatan berhaji dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT,” ucap Kustini.

Kustini juga berpesan kepada calon jamaah haji Sleman untuk senantiasa menjaga kondisi fisik dalam menjalankan aktifitas ibadah haji serta, tetap menjaga nama baik Indonesia dan Sleman.

“Bapak Ibu juga merupakan duta bangsa Indonesia dan wakil dari Kabupaten Sleman. Jagalah nama baik Indonesia dan Sleman. Patuhi jadwal, aturan serta petunjuk yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi,” ujar Kustini.

Terakhir, Kustini juga meminta calon jamaah haji Sleman untuk mendoakan warga sleman agar kemakmuran dan ketentraman semakin meningkat, sehingga terwujud masyarakat Sleman yang sejahtera lahir dan batin.

“Kami doakan agar Bapak Ibu jamaah calon haji
senantiasa diberi kesehatan dan kelapangan waktu
sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian
ibadah serta rukun haji dengan baik dan lancar. Saya titip pesan doa supaya ketika di tanah suci nanti, dapat mendoakan warga masyarakat di Kabupaten Sleman agar kemakmuran dan ketentraman semakin meningkat, sehingga terwujud masyarakat Sleman yang sejahtera lahir dan batin,”┬ápungkasnya.