Lomba Bregada dan Jathilan di Kapanewon Pakem, Kustini Harap Masyarakat Ikut Nguri-Uri Kebudayaan Lokal

Sabtu (19/8) siang, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri lomba bregada dan seni jathilan yang diadakan oleh Pemerintah Kapanewon Pakem, bertempat di halaman kantor Kapanewon Pakem. Kegiatan ini dalam rangka memperingati 11 tahun Keistimewaan DIY sekaligus memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

Kustini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan lomba ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memupuk rasa cinta dan rasa handarbeni masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan lokal. Sehingga, dengan begitu masyarakat diharapkan terus semangat untuk melestarikan kebudayaan yang kita miliki.

“Ini juga sebagai wadah transformasi dari yang senior ke yang junior. Saya harap dapat menjadikan masyarakat lebih guyub rukun, dan dengan adanya acara ini saya harap juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kapanewon Pakem ini,” ucapnya.

Rakhmat Harinawan, selaku Panewu Pakem menerangkan kegiatan lomba ini diikuti oleh lima kalurahan yang ada di Kapanewon Pakem. Ada dua kesenian yang dilombakan, yakni lomba bregada yang diadakan pada Sabtu pagi, dan lomba jathilan pada siang harinya. Selain itu, dalam acara ini juga sekaligus diadakan gelar UMKM yang diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM di Kapanewon Pakem.

“Ini baru pertama ini kita adakan. Tujuannya untuk nguri-uri budaya jawa yang ada di Kapanewon Pakem¬†ini,”¬†katanya.