Hadiri Kirab Budaya, Bupati Sleman Berharap Pelestarian Budaya Memperkuat Kerukunan dan Kebersamaan Warga

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri kegiatan peringatan Hari Jadi ke- 77 Kalurahan Margomulyo, Minggu (12/11). Pelaksanaan peringatan hari jadi ini dikemas dalam prosesi upacara adat dan kirab budaya yang berlangsung di Lapangan Margomulyo, Kapanewon Seyegan.

Lurah Margomulyo, Eko Puji Mulyanto menuturkan bahwa pelaksanaan upacara dan Kirab Budaya ini diikuti oleh 13 Padukuhan yang berada di wilayah Kalurahan Margomulyo.

Selain itu menghadirkan bregada dan ogoh – ogoh, dalam kirab budaya ini juga disiapkan 4 gunungan yang merepresentasikan sejarah Kalurahan Margomulyo yang dulunya terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Kalurahan Gerjen, Sompokan dan Jamblangan. Kemudian ketiga Kalurahan tersebut digabungkan menjadi Kalurahan Margomulyo.

Sementara itu, setelah upacara selesai dilaksanakan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kirab yang dilepas secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, yang ditandai dengan pengibasan bendera.

Bupati Sleman pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas penyelenggaraan kirab budaya yang melibatkan masyarakat di wilayah Kalurahan Margomulyo.

Ia menila, kirab budaya dalam rangka peringatan haru jadi Kalurahan Margomulyo ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang mendukung semangat kerukunan, gotong royong dan keharmonisan karena melibatkan berbagai unsur masyarakat.

“Semoga dengan peringatan hari jadi ini membawa semangat bersama untuk membangun kalurahan margomulyo lebih maju dan sejahtera,”¬†ujar¬†Kustini.