Hadiri Kick-Off Jogja Smart Province, Danang Siap Sukseskan dan Kolaborasi

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, hadir dalam Kick-off Jogja Smart Province (JSP) 2.0 yang diadakan di Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Rabu (12/7). Pada acara tersebut Wakil Bupati Sleman bersama Bupati/Wali Kota se-DIY dan sejumlah pihak lainnya juga menerima Surat Keputusan (SK) Gugus Tugas Smart Province yang diserahkan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Tema yang diusung pada program ini adalah “Harmonisasi Manusia dan Teknologi. Rencana aksi daerah ini disusun berlandaskan nilai kearifan lokal. Sedangkan yang menjadi ruang lingkupnya adalah pemerintahan cerdas, kebudayaan cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas, dan masyarakat cerdas.

Sri Sultan menjelaskan program JSP ini
merupakan langkah untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi, baik di pemerintahan ataupun di tengah masyarakat. Seperti halnya yang telah dilakukan Pemda DIY dalam berinovasi dengan memanfaatkan teknologi, yang kemudian menghasilkan sejumlah prestasi di tingkat nasional.

“Ini berdampak pada kualitas tata kelola pemerintahan DIY yang tercermin dari capaian indeks sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan yakni AA, Reformasi Birokrasi A, Keterbukaan Informasi Publik pada klaster informatif, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada kategori baik,
Keamanan informasi terbaik se-indonesia dan elektronikasi transaksi keuangan Pemda 98,4%,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dibutuhkan komitmen dan kolaborasi dari berbagai pihak, diantaranya Pemda DIY, Kabupaten/Kota se-DIY, akademisi, pelaku usaha dan media guna menyukseskan program JSP ini. Diharapkan para stakeholder tersebut juga dapat mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi dengan baik, sehingga nantinya dapat berguna bagi kehidupan masyarakat.

Ditemui usai acara, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mendukung penuh program JSP ini. Hal ini menurutnya selaras dengan program Smart Regency yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Sleman. Dengan begitu, diharapkan perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan program-program yang ada di Pemerintah Kabupaten Sleman.

“Harapannya tentu dapat mendorong pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sleman, dan DIY pada umumnya,”¬†ucapnya.