Hadiri Deklarasi Pemilu Damai Bawaslu Sleman, Danang Serukan Kerukunan Dan Persatuan

Menyambut pesta demokrasi tahun 2024, Wakil Bupati Sleman kembali menghadiri deklarasi kampanye Pemilu damai pada hari Senin (27/11), bertempat di Monumen Yogya Kembali, Ngaglik, Sleman. Pada acara yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman ini juga sekaligus dilakukan apel siaga pengawasan pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Sleman.

Pembacaan deklarasi Pemilu damai dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, diikuti oleh tamu undangan. Hadir pada acara tersebut Kapolresta Sleman, Dandim 0732/Sleman, Sekda Sleman, Ketua Bawaslu DIY, Perwakilan partai politik se-Kabupaten Sleman, kepala OPD Pemkab Sleman, Panewu Sleman, dan lainnya.

Selain pembacaan deklarasi, juga dilakukan penandatanganan komitmen Pemilu damai, dan kemudian dilanjutkan acara simbolis melepaskan burung merpati oleh peserta deklarasi sebagai simbol kebebasan masyarakat dalam proses Pemilu.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Sleman yang telah mengadakan kegiatan ini. Menurutnya ini merupakan sarana untuk menyatukan dan menegaskan komitmen kita bersama dalam menggelar Pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau Luber Jurdil.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Berbeda pilihan tidak apa-apa. Yang terpenting adalah menjaga kerukunan dan persatuan di antara kita,” ucapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, menyebut Pemilu Damai sangat penting untuk ditegakkan. Dengan Pemilu Damai, diharapkan dapat mendorong partisipasi demokrasi masyarakat tanpa takut adanya intimidasi, kekerasan dan paksaan. Pelaksanaan Pemilu secara damai juga dapat meningkatkan kepercayaan publik dalam sistem politik.

“Ini penting bagi warga negara, bahwa pemerintah mereka mewakili kepentingan mereka,”¬†ujarnya.