Hadiri Bimtek Forum PAUD, Bupati Sleman Ingatkan Peran PAUD Dalam Pembentukan Karakter

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengingatkan kembali peran penting PAUD sebagai jenjang pendidikan yang menjadi pondasi pembentukan karakter anak.

“PAUD memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, maka sudah seharusnya para pendidik PAUD mendapatkan bekal dalam meningkatkan kualitas baik dari sisi sumber daya maupun manajemen kelembagaan,” kata Bupati dalam sambutan arahannya pada kegiatan Bimtek Forum PAUD Tingkat Kapanewon di Kantor Kapanewon Pakem, Selasa (8/8).

Kegiatan Bimtek Forum PAUD Tingkat Kapanewon Tahun 2023 ini dilaksanakan roadshow di seluruh kapanewon se – Kabupaten Sleman mulai tanggal 7 Agustus hingga 15 Agustus 2023. Dalam bimtek ini, para kader PAUD peserta bimtek akan diberikan materi mengenai analisa kelembagaan dan survey lingkungan belajar (sulinjar) PAUD dari para narasumber yang kompeten.

Kepada para guru PAUD, Bupati juga menyampaikan anak usia dini perlu mendapatkan stimulasi pendidikan yang memberikan bekal sebelum memasuki jenjang pendidikan sebelumnya. Hal tersebut dinilai menjadi pondasi dalam menguatkan karakter anak.

Sedangkan untuk menunjang pembentukan karakter anak di jenjang PAUD, Kustini mendorong para pendidik PAUD mengembangkan metode pendidikan serta meningkatkan kualitas didik.

“Sudah seharusnya para pendidik PAUD mendapatkan bekal dalam meningkatkan kualitas baik sumberdaya maupun kelembagaan sebagai upaya mewujudkan generasi Sleman yang berkualitas, cerdas, mandiri dan berakhlak mulia,”¬†ujar¬†Kustini.