Berikan Penghargaan Ibu PAUD, Bupati Dorong Ibu PAUD Wujudkan Pendidikan PAUD yang Berkualitas

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman memberikan apresiasi kepada Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atas andilnya dalam mewujudkan pelayanan berkualitas bagi anak usia dini di wilayah Sleman. Apresiasi diberikan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (2/10).

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana dalam laporannya menyampaikan bahwa Ibu PAUD memiliki peran strategis dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di wilayahnya masing – masing.

“Keberadaan dan peran Ibu PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya dengan membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayah masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” jelasnya.

Kemudian sebagai upaya meningkatkan peran Ibu PAUD, Ery menuturkan Disdik Sleman telah menyelenggarakan Apresiasi Ibu PAUD tingkat Kabupaten Sleman dengan tujuan untuk melihat sejauh mana gerakan yang dilakukan oleh ibu PAUD baik di tingkat Kapanewon maupun kalurahan dalam upaya mewujudkan PAUD berkualitas serta dukungan transisi PAUD ke SD kelas awal yang menyenangkan di wilayahnya.

Penyelenggaraan apresiasi tersebut diikuti oleh 17 Ibu PAUD Kapanewon dan 16 Ibu PAUD Kalurahan. Penilaian untuk apresiasi ini dilakukan oleh Disdik Sleman melalui roadshow di 17 Kapanewon.

“Hasilnya semua bagus. Namun karena kami hanya bisa memberikan apresiasi kejuaraan bagi 3 peserta dengan nilai tertinggi, maka pada kesempatan ini akan kami berikan hadiah kejuaraan bagi 3 peserta Ibu PAUD Kapanewon dan 3 peserta Ibu PAUD Kalurahan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan kepada Ibu PAUD ini selain sebagai apresiasi, juga diharapkan dapat menguatkan komitmen Ibu PAUD dalam mengedukasi orang tua tentang pentingnya pendidikan usia dini.

“Dengan penghargaan ini, juga diharapkan dapat menguatkan peran orang tua dalam proses pendidikan setiap anak, karena sejatinya keluarga merupakan sekolah anak yang utama dan pertama,” katanya.

Lebih lanjut, Kustini menyebut Pemkab Sleman terus berupaya untuk mendukung Kabupaten Sleman mengupayakan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan Sleman Layak Anak. Namun demikian, Ia menilai upaya tersebut memerlukan keterlibatan berbagai pihak sehingga dapat maksimal.

“Perlu diketahui bahwa Kabupaten Sleman terus berupaya untuk memfasilitasi pendidikan dan perkembangan setiap anak Sleman. Maka saya menghimbau Kepada Pokja Ibu PAUD untuk melibatkan Ibu PAUD dan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan PAUD yang berkualitas yang muaranya akan meningkatkan kualitas generasi Sleman,”¬†ujarnya.