Pemkab Sleman Serahkan Hadiah Lomba Pengelolaan SPAM

Pemerintah Kabupaten Sleman serahkan hadiah Lomba Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan pada Jumat (20/9) di Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan. Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo kepada 6 pemenang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Mirza Anfansury, yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kepala Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pengawasan Bangunan, Sigit Yasien menyampaikan, Lomba Pengelolaan SPAM merupakan bagian dari upaya meningkatkan capaian akses air minum aman daerah. Untuk itu, DPUPKP melakukan pembinaan terhadap Kelompok Pengelola SPAM Perdesaan yang salah satunya diwujudkan dengan pelaksanaan lomba pengelolaan SPAM.

“Lomba ini sebagai apresiasi atas dedikasi bagi Kelompok Pengelola SPAM (KPSPAM) dan memberikan motivasi bagi KPSPAM untuk mengelola air minum menjadi lebih baik,” jelasnya.

Lomba Pengelolaan SPAM Perdesaan Tahun ini diikuti oleh 19 KPSPAM yang berasal dari 16 Kapanewon. Untuk juara pertama diraih oleh KPSPAM Banyu Bebeng Glagaharjo, juara kedua diraih oleh KPSPAM Banyu Mili Kemirikebo, dan juara ketiga diraih oleh KP SPAM Tirto Berkah Kadipolo.

Bupati Kustini Sri Purnomo, menyampaikan lomba Pengelolaan SPAM menjadi salah satu langkah Pemkab Sleman untuk mendorong partisipasi masyarakat serta mewujudkan distribusi air minum secara adil dan merata. Upaya ini diharapkan, dapat meningkatkan pelayanan dan ketersediaan air baku untuk air minum yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam konservasi air, kita dapat menjaga ketersediaan air serta memberikan manfaat yang lebih luas dalam pengelolaan air baku ke depannya,” kata Kustini.

Bupati pada pertemuan itu sekaligus menghimbau seluruh KPSPAM untuk terus memelihara komitmen dan semangatnya dalam upaya pengelolaan SPAMDES di wilayahnya. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran bersama terkait langkah perlindungan sarana penyediaan air, baik sumber air baku, reservoir serta jaringan perpipaan.