Dongkrak Potensi Pariwisata, Pemkab Sleman Selenggarakan Gebyar Potensi Sleman Barat

Tingkatkan kunjungan wisata di kawasan Sleman Barat, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Gebyar Potensi Sleman Barat. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi berbagai perangkat daerah, pelaku usaha, dan media untuk mempromosikan potensi yang dimiliki wilayah Sleman Barat.

Bupati Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Danang Maharsa turut hadir dan menyerahkan sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada acara yang diselenggarakan pada Sabtu (7/9) di Lapangan Gamplong, Kalurahan Sumberrahayu itu.

Bupati Kustini menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki komitmen untuk memajukan setiap pelaku UMKM di Kabupaten Sleman, salah satunya dengan menghadirkan layanan pendaftaran NIB dan pelayanan sertifikasi halal bagi UMKM. Untuk itu, pada kegiatan Gebyar Potensi Sleman Barat, Bupati mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

“NIB dan sertifikasi halal akan mempermudah UMKM untuk mengakses berbagai fasillitas dan program-program bagi UMKM dari Pemkab Sleman. Untuk itu, monggo ayo segera daftarkan produk UMKM bapak ibu semua,” kata Bupati.

Dilanjutkan Bupati, ia pun berharap penyelenggaraan Gebyar Potensi ini dapat memotivasi seluruh pelaku UMKM dan pariwisata di kawasan Sleman Barat untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas dan mempromosikan produk-produknya.

Asisten Bidang Administrasi Umum, Eka Suryo Prihantoro menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud tindak lanjut dari aspirasi masyarakat terkait Wisata Gamplong yang dirasa kurang menggeliat. Melihat kondisi ini, masyarakat berharap potensi wisata dan UMKM Sleman Barat dapat lebih dioptimalkan.

“Kegiatan Gebyar Potensi Sleman Barat ini bertujuan untuk meningkatkan awarness dan atensi masyarakat terhadap potensi besar yang dimiliki Wilayah Sleman Barat. Atensi tersebut dapat membuka peluang usaha, kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan hingga memacu pertumbuhan ekonomi di Sleman Barat,” jelas Eka.

Selain memperkenalkan potensi kawasan Sleman Barat, pada kegiatan ini juga dilaksanakan layanan pendaftaran NIB, layanan aktivasi IKD/KTP digital, tes kebugaran, senam massal, lomba senam Sleman Bangkit, bazar UMKM, pertujukan kesenian dan kegiatan press tour.