Sambut Tim Monev Aku Hatinya PKK, Bupati Sleman Kenalkan Potensi Padukuhan Jaban

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Ketua PKK Kabupaten Sleman Sri Hapsari Suprobo Dewi beserta jajaran menerima rombongan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya PKK), Selasa (3/9). Berlokasi di Padukuhan Jaban, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Tim Monev beserta rombongan meninjau pemanfaatan lingkungan rumah masyarakat Jaban beserta beberapa hasil produk UMKM.

Di Padukuhan Jaban, Bupati beserta rombongan mengenalkan upaya masyarakat dalam menanam tanaman obat, sayur mayur, hingga pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya berbagai jenis tanaman. Pada kesempatan itu, Tim Monev juga meninjau kegiatan petani cilik yang dikembangkan oleh tim PKK Kapanewon Sleman.

Bupati Kustini menyambut baik kegiatan Monev Aku Hatinya PKK. Bupati menjelaskan, Kegiatan monitoring ini merupakan bentuk keseriusan bersama dalam meningkatkan peran PKK Kabupaten Sleman dalam membentuk halaman rumah atau pekarangan yang indah, rapi asri dan teratur di Kabupaten Sleman.

“Saya berharap dengan adanya monitoring evaluasi ini dapat menambah wawasan dan informasi masyarakat dalam pengembangan peningkatan kualitas halaman rumah yang nyaman sekaligus produktif,” jelas Kustini.

Bupati menambahkan, program ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menekan angka stunting di wilayah Sleman. Dengan dimanfaatkannya halaman rumah untuk tanaman produktif, diharapkan menjadi sumber pangan lokal, peningkatan gizi keluarga dan juga memberi nilai tambah ekonomi keluarga.

“Kami berharap hasil evaluasi dapat disampaikan kepada kami, untuk selanjutnya kami gunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan program Aku Hatinya PKK Kabupaten Sleman,” pungkas Kustini.

Wakil Ketua 3 PKK DIY, Asiantini menerangkan, Aku Hatinya PKK menjadi program yang mendukung ketahanan pangan dan ekonomi keluarga melalui tanaman produktif seperti apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias. Ia berharap, tim penggerak PKK Kabupaten dapat berpartisipasi aktif untuk memberikan edukasi, memantau, dan mendampingi masyarakat Kabupaten Sleman dalam memberdayakan potensi lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim penggerak PKK Kabupaten Sleman yang telah berkontribusi untuk memberdayakan potensi lingkungannya. Semoga usaha yang kita lakukan bersama dapat melahirkan manfaat yang luas bagi masyarakat,” jelas Asiantini.