Pemkab Sleman Gelar Upacara Peringati HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI

Pemerintah Kabupaten Sleman melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Denggung, pada Sabtu (17/8). Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pukul 07.00 WIB tersebut berjalan dengan khidmat. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan ini. Hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Sleman, Wakil Ketua DPRD Sleman, dan jajaran Forkopimda Sleman.

Dalam pelaksanaannya, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dipimpin oleh Komandan Upacara Kapten Inf Budi Sigit Pramono yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Komandan Koramil 08/Kalasan Kodim 0732/Sleman. Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) yang bertugas merupakan anggota Paskibraka Kabupaten Sleman yang telah dikukuhkan beberapa waktu lalu yang dipimpin oleh Komandan Pasukan Ipda Imanuel Siahaan.

Ditemui usai upacara, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan peringatan HUT RI ke-79 ini menjadi momentum untuk berkontribusi membangun negeri.

“Melalui momentum HUT Kemerdekaan ini mari terus kita pupuk semangat seperti para pendahulu bangsa ini,” ujar Kustini.

Ia juga berharap gaung Kemerdekaan RI ini dapat kembali meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta. Terlebih, nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan kolektif terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

Selain itu, pada rangkaian acara ini juga dilaksanakan pemberian remisi umum dan pengurangan masa pidana remisi umum tahun 2024. Remisi diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman kepada 2 warga binaan.

“Pada momentum HUT RI ke-79 ini, sebanyak 122 warga binaan Lapas Kelas II B Sleman yang mendapat remisi umum. Remisi diberikan secara simbolis kepada satu orang perwakilan warga binaan Lapas Kelas II B Sleman,” jelas Kepala Lapas (Kalapas) Cebongan Kelik Sulistyanto.

Sedangkan Kalapas Narkotika Yogyakarta Kelas IIA Porman Siregar menuturkan pada momen HUT RI ke-79 ini terdapat 324 warga binaannya yang mendapatkan remisi dan diserahkan secara simbolis bersamaan dengan perwakilan dari Lapas Kelas II B Sleman.

Usai melaksanakan upacara bendera, Rangkaian Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Sleman juga dilanjutkan dengan agenda menyaksikan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN) secara daring di Lobby Kantor Setda Kabupaten Sleman.

Sementara Upacara penurunan bendera Kabupaten Sleman dilakukan pada sore harinya pukul 16.00 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.