Dimeriahkan Oleh 7 Negara, Sleman Jadi Tuan Rumah ASEAN Sport Day Tahun 2024

Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah perhelatan ASEAN Sport Day tahun 2024. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dari Kamis (8/8/2024) sampai dengan Minggu (11/8/2024).

Mengusung tema Collaboration in Healthy Lifestyle Promotion and Safeguarding ASEAN Traditional Sport and Games, ASEAN Sport Day diikuti oleh 7 Negara ASEAN yaitu Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Timor Leste.

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto menuturkan, gelaran ini merupakan momentum yang tepat menguatkan komitmen seluruh negara ASEAN dalam rangka meningkatkan olahraga dan gaya hidup sehat.

“Event ini menjadi langkah tepat untuk membudayakan olahraga sebagai sebuah kebiasaan sehat yang menyenangkan, terlebih ASEAN Sport Day berhasil mengemas misi kebudayaan dalam upaya pelestarian olahraga tradisional di tengah kuatnya arus modernisasi,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Sleman dalam Pembukaan ASD yang digelar di Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Jumat (9/8/2024) sore.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi sebuah terobosan untuk saling memperkenalkan kekayaan budaya olahraga tradisional Indonesia kepada dunia.

“Semoga penyelenggaraan ASEAN Sport Day hari ini akan menguatkan persahabatan antar negara ASEAN sekaligus mendongkrak potensi pariwisata khususnya di DIY dan khususnya di Kabupaten Sleman,” tutur Susmiarto

Susmiarto berharap, agenda ini akan membangun atmosfer positif dalam memajukan sport tourism di Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Dwijayanto Sarosa Putera, Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga menambahkan bahwa pagelaran ASD yang kedua kalinya dilaksanakan di Indonesia ini merupakan momentum untuk membangkitkan spirit kebersamaan dan persatuan antara negara ASEAN.

Dirinya berharap, dengan semangat olahraga yang terjalin, dapat memupuk koneksi antar negara, sehingga dapat bersama-sama menghadapi tantangan yang ada di masa yang akan datang

Berbagai macam agenda akan mengisi pagelar ASEAN Sport Day di Kabupaten Sleman, seperti lokakarya, sepeda Ceria dengan mengelilingi Komplek Candi Prambanan, dan kegiatan pendukung lainnya seperti bazar yang akan menampilkan produk UMKM.

Puncak acara ASEAN Sport Day dimeriahkan dengan Festival Olahraga dan Permainan Tradisional ASEAN yang digelar di kawasan Candi Prambanan. Masing-masing negara ASEAN menampilkan keunikan olahraga tradisional mereka, sehingga pengunjung dapat menyaksikan beragam budaya olahraga dari seluruh penjuru ASEAN.