Pemkab Sleman Gelar Upacara Hari Keluarga Nasional Ke 31, Hari Koperasi Ke 77 dan Hari Anak Nasional Ke 40 Tahun 2024

Pemkab Sleman mengadakan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 31, Hari Koperasi Ke 77 dan Hari Anak Nasional Ke 40 Tahun 2024, Rabu (17/7), di lapangan Pemda Kabupaten Sleman. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut.

Dalam amanahnya, ia mengingatkan pentingnya peran keluarga sebagai penentu dan kunci dari kemajuan suatu bangsa dan negara. Hal ini sesuai dengan tema Hari Keluarga Nasional Ke 31, “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.

“Keluarga merupakan ruang pembelajaran hal-hal dasar bagi generasi masa depan bangsa. Ketahanan keluarga menggambarkan pola interaksi dan komunikasi antar individu. Semakin harmonis komunikasi dan interaksi yang terjadi, semakin sehat pula interaksi sosial dilingkup terkecil dari masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, peringatan 77 Tahun Hari Koperasi kali ini mengangkat tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”. Untuk itu, ia juga mengajak untuk merefleksikan diri di lingkungan kerja masing-masing, agar peran koperasi di Sleman semakin strategis dalam menjawab tantangan dibidang ekonomi, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun terkait peringatan Hari Anak Nasional, ia berharap agar momentum ini dijadikan sarana untuk memperkuat komitmen untuk terus memberikan perlindungan dan memastikan pemenuhan hak anak-anak di tengah berbagai persoalan yang terus berkembang di masyarakat. Hal ini sesuai dengan Tema peringatan Hari Anak Tahun 2024 ini yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Usai acara, Bupati Sleman didampingi Wakil Bupati Sleman, menyerahkan sejumlah penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Pemerintah Daerah dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, beserta jajarannya.

Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Pemerintah Daerah tersebut meliputi tiga kategori, diantaranya kategori Anugerah Utama Merdeka Belajar, kategori Transformasi Sumber Daya Manusia Pendidikan, dan kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan.

Bukan hanya itu saja, pada acara tersebut, Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran Forkompimda Kabupaten Sleman juga membagikan bendera merah putih secara simbolis kepada masyarakat. Diantaranya perwakilan dari pemerintah Kapanewon, Kalurahan, Kepala Dukuh, Ketua RW, Ketua RT dan Karang Taruna. Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman, dalam rangka menyambut HUT RI ke-79.