Wabup Sleman Dukung Peningkatan Kualitas PAUD dan DIKMAS Melalui Sleman School Expo

Sleman School Expo PAUD 2024 resmi ditutup pada Rabu (5/6). Acara yang dilaksanakan selama 2 hari di Atrium Shinta Sleman City Hall tersebut, ditutup oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Pada kesempatan itu, Wabup Danang sekaligus menyerahkan penghargaan kreativitas mewarnai PAUD dan Platting LKP.

Danang menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan pelaksanaan Sleman School Expo PAUD 2024. Tingginya antusias peserta dinilai menjadi bukti dukungan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat (Dikmas) di Kabupaten Sleman.

“Penyelenggaraan kegiatan ini sangat tepat sebagai wahana inspiratif dałam mendorong kreativitas pendidik dan anak-anak kita dałam menjalani proses pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan,” ujar Danang.

Saat sambutan, Danang juga mengimbau orang tua agar memperhatikan dan memahami kebutuhan anak. Tak hanya kebutuhan pendidikan formal, namun juga pemenuhan minat dan bakat anak-anak. Dengan begitu, diharapkan anak-anak dapat terfasilitasi dengan baik sesuai dengan kemampuan mereka.

“Monggo bapak ibu, kita sebagai orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan anak-anak kita. Berikan perhatian terhadap bakat yang mereka miliki. Akan lebih baik kalau bakat tersebut dapat difasilitasi dengan baik, sehingga anak-anak dapat menikmati proses pembelajaran dengan menyenangkan dan sesuai dengan minat mereka,” begitu arahan Danang.

Sementara itu, Kepala Dinas  Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan, kegiatan ini telah melibatkan lembaga pendidikan jenjang PAUD, TK, KB dan Dikmas. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat menjadi media untuk membangun kerjasama antara lembaga pendidikan, orangtua, dan stakeholder.

“Pada dua hari ini kita dapat memperkenalkan program-program PAUD dan pendidikan masyarakat. Pada bidang Dikmas juga telah ditampilkan berbagai macam keterampilan yang menunjukkan bahwa pendidikan kesetaraan tidak hanya untuk melakukan pendidikan formal namun juga memberikan banyak ketrampilan kepada masyarakat,” kata Ery.

Ery berharap, pelaksanaan Sleman School Expo PAUD 2024 ini semakin memperkenalkan kepada masyarakat terkait keberadaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.