Peringati HLUN ke-28, Pemkab Sleman Adakan Seminar Dimensia bagi Kader Posyandu Lansia

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengadakan Seminar Demensia dalam rangka Hari Lanjut Lansia Nasional (HLUN) ke-28 pada Kamis (30/5) bertempat di kantor Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Seminar ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yakni “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat”. Dengan adanya seminar ini diharapkan para peserta seminar mendapatkan edukasi dan informasi terkait upaya merawat dan memberdayakan lansia.

Danang dalam sambutannya menyampaikan bahwa hal ini sesuai dengan Pasal 138 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, yakni upaya pemeliharaan Kesehatan bagi lanjut usia ditujukan untuk menjaga agar para lanjut usia tetap sehat dan produktif secara sosial dan ekonomis.

“Terima kasih kepada rekan semuanya baik dari Posyandu lansia, dan semua pihak terkait yang telah membantu Pemkab Sleman dalam memperhatikan dan merawat lansia,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahasa angka harapan hidup di Kabupaten Sleman merupakan salah satu yang tertinggi di tingkat nasional, yakni 76 tahun. Diharapkan dengan tingginya angka harapan hidup tersebut, para lansia dapat hidup sehat, mandiri, produktif dan sejahtera.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Mustadi, menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kader Posyandu Lansia dari 86 kalurahan se-Kabupaten Sleman. Diadakannya kegiatan ini juga merupakan hasil kerjasama antara Dinas Sosial Kabupaten Sleman dan Karitas Indonesia Keuskupan Agung Semarang (Karinakas). Seminar tersebut juga menghadirkan narasumber Agnes Mahayanti, Ns,. M.Kep. dari Stikes Panti Rapih.