Sambut Tim Penilai Klarifikasi Lapangan EPDESKEL DIY, Bupati Sleman Apresiasi Potensi dan Inovasi Kalurahan Triharjo

Dalam rangka penilaian Evaluasi Perkembangan Desa/Kalurahan (EPDesKel) Tingkat DIY Tahun 2024, Tim Penilai EPDesKel melakukan Klarifikasi Lapangan di Kalurahan Triharjo pada Rabu, (29/5). Kalurahan Triharjo berhak maju di tingkat DIY karena berhasil menjadi Kalurahan Terbaik 1 EPDesKel Tingkat Kabupaten. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut secara langsung Tim Penilai Klarifikasi Lapangan EPDesKel Tingkat DIY.

Pada kunjungan ini, Tim Penilai Klarifikasi Lapangan EPDesKel Tingkat DIY dipimpin dan diketuai secara langsung oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik, Dr. Sukamto, S.H., M.H.

Kustini dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai sekaligus mengapresiasi Kalurahan Triharjo yang telah mewakili Kabupaten Sleman untuk maju di EPDesKel Tingkat DIY. Ia juga mengapresiasi Kalurahan Triharjo karena memiliki banyak inovasi yang mendukung dan dapat mengembangkan potensi Kalurahan.

“Saya mengapresiasi Kalurahan Triharjo karena memiliki banyak inovasi dan potensi yang melibatkan masyarakat dengan berlandaskan guyub rukun dan gotong royong saling bekerjasama sehingga mampu maju mewakili Sleman di EPDesKel Tingkat DIY,” ujar Kustini

Lebih lanjut, Kustini berharap dengan kedatangan Tim Penilai ini selain melakukan penilaian dan melakukan perbandingan antara dokumen dan kondisi riil dilapangan juga dapat memberikan bimbingan, pembinaan dan perbaikan agar menjadi bahan evaluasi Kalurahan Triharjo dan Kalurahan-Kalurahan di Kabupaten Sleman.

“Guna memperoleh data-data yang lengkap dan objektif kami persilahkan Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Penilaian EPDesKEl Tingkat DIY untuk melakukan klarifikasi lapangan dan berdialog secara langsung dengan narasumber Kalurahan Triharjo untuk mengetahui kondisi riil di lapangan,” kata Kustini

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sukamto menyampaikan tujuan pelaksanaan EPDesKel ini untuk mengevaluasi Kalurahan untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya, mengetahui capaian Kalurahan dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya dalam kurun satu tahun, dan wadah apresiasi Pemerintah Pusat maupun Daerah berupa penghargaan atas prestasi Kalurahan dalam memajukan serta mensejahterakan masyarakatnya.

“Apabila nantinya Kalurahan Triharjo menjadi Terbaik I EPDesKel Tingkat DIY tahun 2024, Kalurahan Triharjo didukung oleh Kabupaten Sleman diharapkan siap untuk maju lomba EPDesKel tingkat Regional Jawa dan Bali mewakili DIY,” kata Sukamto

Adapun Inovasi yang dimiliki Kalurahan Triharjo antara lain Inovasi dalam bidang Teknologi Informasi yakni BISMA TRIHARJO, PAUD terintegrasi, Tobong Arang dan Pemanfaatan Arang Batok, Bedah Warung, Prokasih (Program Kali Bersih), Lumbung Padi Tritunggal Harjo, Garningsun (Gabungan Relawan Niat Ingsun), Pembangunan dan Rehab SPS PAUD semua Padukuhan, dan lain sebagainya.