Peringati Hari Ibu 2023, Kustini Dorong Para Ibu Lebih Berdaya dan Berkontribusi Bagi Lingkungan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomi menghadiri sekaligus membuka kegiatan review kinerja tahunan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting Kabupaten Sleman bertempat di Hotel Prima SR, pada Jumat (15/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB ini menghadirkan 100 peserta yang merupakan bagian dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sleman.

“Kegiatan ini (review kinerja tahunan) bertujuan untuk melihat hasil kinerja dan permasalahan terkait percepatan penurunan stunting di Sleman yang nantinya akan menjadi acuan perencanaan program di tahun selanjutnya,” jelas M Daroji selaku Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga saat membacakan laporannya.

Selain itu, Daroji juga menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut, akan dilakukan paparan kegiatan konvergensi, monitoring dan persiapan program tahun 2024.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi kegiatan evaluasi kinerja tahunan ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi kesempatan yang tepat dalam mengkaji dan mengevaluasi sejauh mana upaya kita dalam percepatan penurunan stunting.

“Percepatan penurunan stunting telah menjadi prioritas nasional yang harus kita upayakan bersama dan dibutuhkan intervensi yang terpadu mencakup peran semua pemangku kepentingan terkait. Maka kegiatan evaluasi dan monitoring sangat dibutuhkan untuk memastikan sinergi yang efektif dalam menjalankan program penurunan stunting,” katanya.

Kustini juga berharap forum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya untuk mengetahui secara pasti hambatan – hambatan yang ditemui di lapangan beserta merumuskan solusinya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Kustini juga mendorong seluruh peserta yang masuk dalam TPPS untuk memperkuat sinergi melalui saran dan masukan, sehingga dapat segera meralisasikan target percepatan penurunan stunting yaitu di angkat 4,51 persen.