Peringati Hari Ibu 2023, Kustini Dorong Para Ibu Lebih Berdaya dan Berkontribusi Bagi Lingkungan

Pemkab Sleman mengadakan acara Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2023, Jumat (15/12), bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Hadir pada acara tersebut Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Kustini mengajak wanita untuk terus berkarya dan berkontribusi untuk lingkungannya. Hal tersebut menurutnya bisa dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Dikatakan bahwa ibu mempunyai peran yang sangat penting terhadap lahirnya generasi unggul di masa depan melalui pendidikan dan pencegahan stunting bagi anak.

“Para ibu juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan, yakni dengan pengolahan sampah rumah tangga. Saya harap ibu-ibu semua juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana mengolah sampah yang ada di rumah tangga,” ucapnya.

Sementara Juni Agung Armawanta, Wakil Ketua III DWP Kabupaten Sleman, menjelaskan bahwa Hari Ibu berbeda dengan Mother’s day. Menurutnya Hari Ibu mengarah pada penegakkan tonggak pergerakan perempuan Indonesia dalam berkontribusi aktif memajukan bangsa.

“Peringatan Hari Ibu adalah momen penting sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap peran luar biasa perempuan Indonesia dalam memajukan kehidupan bangsa, serta sebagai kesempatan untuk merayakan kekuatan dan peran perempuan dalam pembangunan Indonesia,” ungkapnya.

Hal ini sesuai dengan subtema peringatan Hari Ibu tahun 2023, Perempuan Berdaya dan Berbudaya. Dijelaskan bahwa gerakan yang terkandung dalam subtema tersebut diharapkan dapat mendorong perempuan untuk lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, dan politik.