Sukseskan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan, Bupati Sleman Ajak Pendamping untuk Ikuti Perkembangan Zaman

Dukung gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri dan memberikan arahan pada workshop pembinaan parenting, pada Rabu (27/9). Berlokasi di kantor Dinas Pendidikan Korwil Sleman, kegiatan melibatkan kepala lembaga PAUD dan perwakilan wali murid.

Bupati Kustini mengimbau kepada peserta, saat ini pendidik dan orangtua memiliki tantangan tersendiri dalam mendidik anak. Pesatnya perkembangan zaman, membuat pendamping harus ikut bergerak menyesuaikan diri dalam memberikan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, Bupati berharap, agar peserta dapat menggali ilmu sebanyak mungkin untuk lebih memahami gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

“Perlu diingat bahwa kondisi anak saat ini berbeda dengan zaman orangtuanya. Sehingga sistem dan cara pendidikannya juga harus disesuaikan dengan zamannya. Silakan dipahami apa saja poin yang perlu diperhatikan, sehingga kita dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sleman,” kata Bupati.

Bupati menilai, orangtua dan pendidik adalah perpanjangan tangan pemerintah. Oleh karena itu, diharapkan peserta workshop dapat mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana menjelaskan, workshop pembinaan parenting merupakan agenda bimbingan kepada kepala lembaga PAUD dalam mensukseskan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Dengan juga melibatkan perwailan wali murid, diharapkan keterlibatan orangtua turut meningkat dalam proses pendidikan anak.

“Dalam kegiatan ini kami berdiskusi dengan kepala lembaga PAUD untuk menyampaikan pola pembinaan anak-anak dengan kegiatan masa transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Dengan kehadiran orangtua, diharapkan juga bisa memahami dan memfasilitasi putra-putrinya di rumah,” jelas Ery.

Ery menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan di 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman. Ery berharap, pembinaan parenting dapat mendukung keberhasilan kegiatan transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru.