Dukung Keamanan Pemilu 2024, Wabup Sleman Rangkul Kelompok Jaga Warga Jadi Mitra Kerja Pemkab


Jelang menghadapi tahun politik 2024, Satpol PP DIY melaksanakan sosialisasi Kepemiluan di Kabupaten Sleman pada Rabu,(10/5). Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, hadir sekaligus memberikan arahan di Kalurahan Margodadi, Kalurahan Tlogoadi, dan Kalurahan Tambakrejo. Hadir pula dalam rangkaian tersebut, Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, Anggota DPRD DIY H. Koeswanto, Yuni Satia Rahayu dan Rita Nurmastuti

Danang Maharsa menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Sosialisasi Kepemiluan di Kabupaten Sleman. Danang menilai, kegiatan ini dapat menjadi lahan edukasi masyarakat untuk memahami dan meningkatkan kepedulian dalam menyambut pemilu di tahun 2024. Untuk mewujudkannya, Danang menyampaikan dibutuhkan peran serta dari semua pihak, termasuk peran dari kelompok Jaga Warga.
“Melalui sosialisasi kepemiluan ini semoga bapak ibu dapat semakin memahami peran dan tugas sebagai Jaga Warga, khususnya untuk menyukseskan pemilu 2024. Sehingga kita bisa menciptakan keamanan, ketenangan, dan kesejahteraan bersama,” kata Danang.
Danang menyatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan situasi dan kondisi kemanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif saat pemilu untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang berkualitas. Dengan demikian, Wakil Bupati mengajak kelompok jaga warga sebagai mitra kerja Pemkab untuk menjadi mata dan telinga yang menjembatani masyarakat dalam rangka bersinergi bersama Pemkab Sleman.
Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, menyampaikan Jaga Warga memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sejalan dengan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 28 Tahun 2021 tentang Jaga Warga. Noviar juga mengucapkan terima kasih karena Pemkab Sleman telah mengukuhkan jaga warga di kalurahan-kalurahan di Kabupaten Sleman.
Tak hanya terkait pengamanan warga, Noviar mengatakan bahwa kelompok Jaga Warga turut memiliki peran yang luas dalam lingkup masyarakat. Salah satunya saat tim Jaga Warga turun menyalurkan bantuan saat wabah Covid-19 berlangsung. 
“Dampak dari peran Jaga Warga begitu luas. Sehingga kami sampaikan ucapan terima kasih kepada bapak ibu semua yang telah berperan aktif dalam membantu sesama. Untuk itu mari kita tingkatkan kembali semangat kita terutama dalam menyambut pesta pemilu di tahun 2024,” ujar Noviar.
Dijelaskan Noviar, pelaksanaan Sosialisasi Kepemiluan di Kabupaten Sleman akan dilakukan secara roadshow pada hari Rabu (10/5). Rencananya kegiatan akan dilaksanakan di seluruh Kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Danang sekaligus menyerahkan rompi secara simbolis kepada perwakilan jaga warga yang hadir. Wakil Bupati pun memberikan arahan agar kelompok Jaga Warga dapat ikut mendukung dan mensukseskan pemilu 2024 dengan mensosialisasikan informasi valid kepada masyarakat.