Jun
17
Sleman Raih Penghargaan Dalam Penanganan Aduan
Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan sebagai 6 peserta terbaik kategori instansi pemerintah “outstanding achievement” dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Jakarta pada Kamis, (16/6/2022).
Prestasi ini cukup membanggakan, mengingat hanya 2 Kabupaten di Indonesia yang berhasil masuk dalam 6 jajaran peserta terbaik Kategori Outstanding Achievement, yaitu Kabupaten Sleman dan Kabupaten Demak.
Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ini diselenggarakan oleh Kementerian PANRB, bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia saja. Penyelenggaraan kegiatan ini juga bekerjasama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).
Penyelenggaraan kompetisi tersebut bertujuan agar instansi pengelola pengaduan pelayanan publik dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif terkait pengelolaan pengaduan.
Kompetisi P4 ini menjaring 749 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota,d an BUMD di Indonesia. seterlah melalui tahap pengisian borang, tersisa 573 peserta yang kemudian disaring menjadi 434 perseta yang dokumennya layak diverifikasi.
Setelah tahap evaluasi dokumen, terpilih Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik yang terdiri dari 6 peserta pada kategori outstanding achievement, 30 peserta pada kategori instansi pemerintah (IP) dan 15 peserta pada kategori unit penyelenggaraan pelayanan publik (UPP). Tahap evaluasi lanjutan/penjurian kemudian menentukan Top 17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik yang memperoleh penghargaan Anggakara Birawa.
Penghargaan yang diperoleh Pemkab Sleman harapannya dapat memacu dan memotivasi seluruh perangkat daerah di Kabuapten Sleman agar terus meningkatkan kualitas sehingga pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Sleman dapat berjalan dengan lebih baik.