Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan penghargaan kategori “Pelayanan Prima” (nilai A) kepada DPMPPT Kabupaten Sleman, serta menyampaikan hasil evaluasi predikat “Sangat Baik” pada Disdukcapil Kabupaten Sleman, Selasa (9/3/2021). Penghargaan ini merupakan apresiasi atas Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2020, khususnya pada instansi Role Model Pelayanan Publik.

Pemberian Penghargaan dan Penyerahan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik disampaikan secara langsung oleh MenPANRB, Tjahjo Kumolo, didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa, kepada Kepala DPMPPT Kabupaten Sleman yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris DPMPPT, Triana Wahyuningsih, bertempat di The Ballroom Hotel Ritz-Carlton SCBD Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

Penghargaan tersebut menindaklanjuti amanat Pasal 7 ayat (3) huruf c Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

DPMPPT Kabupaten Sleman berhasil menjadi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pertama di lingkup Pemkab Sleman yang meraih predikat tersebut, dan menjadi salah satu dari 15 DPMPTSP yang berhasil nilai A dari keseluruhan instansi DPTMPSP yang dievaluasi. Pada tahun 2020, evaluasi pada tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada 221 daerah,

Sekda Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras Pemkab Sleman, khususnya melalui DPMPPT dan Disdukcapil Kabupaten Sleman, dalam memberikan pelayanan terbaiknya pada masyarakat.

Ia berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan, serta memotivasi dan menular pada Unit Penyelenggara Pelayanan Publik lainnya di lingkup Pemkab Sleman.

“Alhamdulillah di awal tahun ini Pemkab Sleman kembali berhasil meraih penghargaan. Semoga hasil kerja keras ini dapat memotivasi unit penyelenggara pelayanan publik lainnya untuk dapat meningkatkan pelayanannya pada masyarakat,” kata Harda.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Tjahjo mengingatkan agar instansi pemerintah terus mempercepat pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan investasi, seperti arahan Presiden Joko Widodo.

“Sesuai arahan Presiden dan Wakil Presiden agar pimpinan kementerian/lembaga serta ASN menjaga citra baik pemerintah, membangun soliditas dan kerja sama, menjadikan Pancasila sebagai landasan ideologi, serta menjaga selalu budaya dan mindset yang ramah, santun, dan profesional,”ujarnya.