Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Sembada bersama PD Bank Sleman melakukan penandatanganan kerjasama tentang pelayanan perbankan pada Senin (4/3/19) di Kantor PUDAM Tirta Sembada. Penandatanganan kerjasama dilakukan antara Direktur PUDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata  dengan Direktur Utama Bank Sleman, Muhammad Sigit yang disaksikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Asekda Bidang Administrasi Umum, Arif Haryono.

Direktur PUDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata mengatakan bahwa PUDAM Tirta Sembada bersama Bank Sleman sepakat melakukan kerjasama dalam kegiatan pelayanan payment point pembayaran bagi pelanggan PUDAM Tirta Sembada. “Pelayanan pembayaran rekening air PUDAM Tirta Sembada saat ini bisa dilakukan melalui Bank Sleman. Sehingga dengan kerjasama ini pelanggan bisa memilih lebih banyak counter layanan pembayaran,” jelas Dwi.

Sementara itu Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan bahwa program pembayaran rekening air minum PUDAM Sleman di Bank Sleman ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Melalui kerjasama ini, penyediaan loket-loket pembayaran rekening air akan lebih mendekatkan Iagi PDAM Kabupaten Sleman dengan para pelanggannya.

Menurutnya dengan adanya kemudahan pembayaran terhadap rekening PDAM, maka diharapkan angka tunggakan bisa ditekan. Adanya tunggakan pembayaran rekening PDAM tersebut kemungkinan terjadi karena pelanggan malas mendatangi loket pembayaran yang jauh, berjejal atau antre. “Setelah pembayaran rekening PDAM Sleman dapat dilakukan di mana-mana, tentunya akan menekan angka tunggakan dan lebih mendekatkan Iagi PDAM Kabupaten Sleman dengan para pelanggannya,” kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga berharap kerja sama PDAM Sleman dengan Bank Sleman ini menjadi contoh pelayanan pembayaran on line dan nantinya dapat lebih diperluas Iagi. Pada masa yang akan datang PDAM Sleman perlu memikirkan langkah upaya untuk mernyediakan Iayanan pembayaran rekening melalui ATM atau Iayanan e-Banking sebagai alternatif sarana pembayaran, khususnya bagi masyarakat yang dinamis. “Mengingat seiring dengan perkembangan jaman dan tingginya mobilitas masyarakat, konsumen menghendaki pelayanan pembayaran yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa batasan tempat dan waktu,” tambahnya.

Sementara itu Dirut Bank Sleman, Muhammad Sigit berharap layanan pembayaran PUDAM tersebut dapat lebih mengefisienkan pembayaran yang langsung dilakukan melalui Bank Sleman. Selain itu pembayaran melalui bank menurutnya juga mengurangi kebocoran yang selama ini dikhawatirkan.“Ketika pelanggan membayar tagihannya ke bank, maka PUDAM tinggal menerima laporannya. Selain itu dengan layanan ini, risiko kebocoran itu tidak ada lagi. Tentunya risiko itu ada pada pihak kami Bank Sleman,” tutur Sigit.