Sleman – Pada hari Selasa, tanggal 19 April 2011 bertempat di Ruang Rapat 2 Lantai 3 Badan Kepegawaian Daerah, telah dilaksanakan Diskusi Panel Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Tahun 2011. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mendapatkan program-program diklat tahun 2012 yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan dapat menjawab tantangan pelaksanaan tugas di masing-masing unit organisasi. Dalam diskusi panel ini, peserta dari masing-masing instansi dapat memberikan sumbangan pemikiran yang proaktif serta bertanggung jawab demi kemajuan kegiatan kediklatan di Pemerintah Kabupaten Sleman pada masa yang akan datang.

Peserta dalam diskusi panel AKD adalah pengelola kepegawaian di seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Sleman, yang selanjutnya dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang masing-masing membahas 2 dari 8 bidang pengiriman diklat, yaitu :


  • Kelompok I membahas program diklat bidang pemerintahan dan komputer;
  • Kelompok II membahas program diklat bidang kepegawaian , pendidikan, dan fungsional;
  • Kelompok III membahas program diklat bidang perekonomian dan pertanian;
  • Kelompok IV membahas program diklat bidang prasarana wilayah dan kesehatan.

Sedangkan mekanisme pelaksanaan diskusi panel AKD adalah sebagai berikut :

1. Acara pembukaan dilanjutkan dengan pengarahan dan penjelasan agenda acara;

2. Diskusi Kelompok (Hari I), pelaksanaan hari Selasa, 19 April 2011.

Membahas usulan kebutuhan diklat dari instansi untuk menentukan prioritas penyelenggaraan. Peserta diskusi dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai dengan keterkaitan jenis-jenis diklat sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing instansi.

3. Paparan/Presentasi Hasil Diskusi Kelompok (Hari II), pelaksanaan hari Kamis, 21 April 201.

Setiap kelompok memaparkan hasil diskusi dengan tujuan ada masukan untuk penyempurnaan terhadap hasil diskusi yang selanjutnya akan menjadi rekomendasi dalam Analisis Kebutuhan Diklat Tahun 2011.


No.

Kelompok/Bidang

Instansi

1.

Kelompok I :

  1. Pemerintahan
  2. Komputer
  1. Bappeda
  2. Satpol PP
  3. Badan Kesbanglinmas & Pb
  4. Dinas Nakersos
  5. Badan KB, Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak
  6. Dinas Kebudayaan & Pariwisata
  1. Sekretariat DPRD
  2. Dinas Kependudukan & Capil
  3. Bagian Tapem
  4. Bagian Pemdes
  5. Bagian Hukum
  6. Bagian Humas
  7. Bagian Umum
  8. Kec. Ngaglik
  9. Kec. Kalasan

2.

Kelompok II :

  1. Kepegawaian
  2. Pendidikan
  3. Fungsional
  1. BKD
  2. Inspektorat Kabupaten
  3. Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga
  4. Kantor Perpustakaan Daerah
  5. Bagian Kesra
  1. Kantor Arsip daerah
  2. Kec. Godean
  3. Kec. Minggir
  4. Kec. Sleman
  5. Kec. Tempel
  6. Kec. Gamping
  7. Kec.Ngemplak

3.

Kelompok III :

  1. Perekonomian
  2. Pertanian
  1. DPKKD
  2. Dinas Pertanian, Perikanan & Kehutanan
  3. Dinas Pasar
  4. Kantor Penanaman, Penguatan & Penyertaan Modal
  5. Bagian Adm.Pembangunan
  1. Dinas Perindakop
  2. Bagian Perkonomian
  3. Kec. Cangkringan
  4. Kec.Pakem
  5. Kec. Depok
  6. Kec. Seyegan
  7. Kec. Turi
  8. Kec. Prambanan

4.

Kelompok IV :

  1. Prasarana Wilayah
  2. Kesehatan
  1. Dinas Pengendalian Pertanahan Daerah
  2. Dinas PU & Perumahan
  3. Dinas SDAEM
  4. Dinas Kesehatan
  5. Dinas Hubkominfo
  1. RSUD Sleman
  2. RSUD Prambanan
  3. Kantor Lingkungan Hidup
  4. Kantor Pelayanan Perizinan
  5. Kec. Berbah
  6. Kec. Moyudan
  7. Kec. Mlati
  8. Sekretariat Dewan Pengurus Korpri

sumber : BKD Sleman