Sukes Terapkan Pemanfaatan Informasi Geospasial Dalam Aplikasi Kebencanaan, Pemkab Sleman Raih Penghargaan Bhumandala

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mendapatkan penghargaan Bhumandala tahun 2023 dari Badan Informasi Geospasial (BIG) atas inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam bentuk aplikasi informasi kebencanaan (SIMANTAB).

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Deputi Infrastruktur BIG, Ibnu Sofyan kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kegiatan Bhumandala Award 2023 bertempat di Discovery Kartika Hotel, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin (6/11).

Sebelumnya, inovasi SIMANTAB milik BPBD Sleman ini telah melalui tahap penjurian bersama 70 inovasi lain yang diajukan oleh Kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah. Setelah dilakukan penilaian tahap I oleh dewan juri pada tanggal 7 September 2023, terpilih 6 (enam) finalis untuk setiap kategori kementerian/lembaga, provinsi, kabupaten, dan kota.

Inovasi SIMANTAB menjadi salah satu dari 6 finalis terbaik dari hasil penilaian tahap pertama dan Sleman berhasil mendapatkan penghargaan Bhumandala Ariti (Medali Perunggu) untuk kategori Kabupaten.

Kepala Pusat SKIG, sekaligus ketua penyelenggara Bhumandala Award 2023, Sumaryono menyampaikan bahwa pemberian penghargaan Bhumandala bagi inovasi pemanfaatan informasi geospasial ini sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi lembaga, kementerian dan pemerintah daerah yang berkontribusi dalam pemanfaatan informasi geospasial.

Ia juga menjelaskan bahwa selain sebagai apresiasi, penghargaan Bhumandala ini juga dimaksudkan sebagai kampanye secara masif pemanfaatan informasi geospasial.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo usai menerima penghargaan Bhumandala Ariti menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih oleh BPBD Sleman ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan mempermudah masyarakat dalam menghimpun informasi khususnya terkait kebencanaan.

Ia juga berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi BPBD dan seluruh instansi di Pemerintah Kabupaten Sleman untuk terus melakukan inovasi – inovasi sebagai upaya memajukan Kabupaten┬áSleman.