Pemkab Sleman Serahkan Hadiah Lomba Evaluasi Masyarakat Pertanian Sekaligus Tandatangani MoU Beasiswa Petani dengan Polbangtan Yogyakarta Magelang

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan hadiah lomba evaluasi Masyarakat Pertanian Tingkat Kabupaten, Rabu (5/6), di rumah dinas Bupati Kabupaten Sleman. Pada acara tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, menyebutkan pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan motivasi bagi para penyuluh pertanian, kelembagaan petani dan kelembagaan penyuluhan serta pelaku usaha pertanian guna meningkatkan kinerjanya dalam pembangunan pertanian.

Dijelaskan kegiatan evaluasi ini telah dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2024 dengan 6 kategori penilaian yang terdiri dari Balai Penyuluhan Pertanian Pangan dan Perikanan Berprestasi, Penyuluh Pertanian PPPK Berprestasi, Penyuluh Pertanian Swadaya Berprestasi, Petani Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, dan Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada para petani untuk terus berinovasi. Selain itu, disebutkan bahwa petani juga harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, baik untuk proses penanamannya ataupun teknik pemasarannya.

“Ini kita lakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sleman dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Adapun hasil Evaluasi Masyarakat Pertanian Tingkat Kabupaten Tahun 2024 kategori Balai Penyuluhan Pertanian Pangan dan Perikanan Berprestasi dimenangkan BP4 Wilayah Seyegan sebagai juara 1. Untuk kategori Penyuluh Pertanian PPPK Berprestasi dimenangkan Supriyono dari BP 4 Wilayah III, untuk kategori Penyuluh Pertanian Swadaya Berprestasi dimenangkan Subari dari Jamusan, Bokoharjo, Prambanan, kategori Petani Berprestasi dimenangkan Eko Jamal dari Kedulan Tirtomartani, Kalasan, kategori Gapoktan Berprestasi diraih Gapoktan Tirto Sembodo Tirtomartani Kalasan, dan kategori Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi dimenangkan Kelompok Tani Porang, Lemahbang, Gayamharjo, Prambanan.

Lebih lanjut Bupati Sleman juga menyambut baik kerja sama yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dan Polbangtan Yogyakarta Magelang. Dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kompetensi petani di Kabupaten Sleman, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Salah satunya dengan memberikan beasiswa bagi masyarakat maupun keluarga petani dan peternak yang berprestasi namun terkendala biaya untuk dapat kuliah di Polbangtan Yogyakarta Magelang.

“Dengan menjadi mahasiswa dan mahasiswi Polbangtan Yoma, putra putri petani dan peternak yang berasal dari Kabupaten Sleman dapat menggali potensi, menguasai kondisi dan mengembangkan pertanian Kabupaten Sleman serta berkontribusi membangun Sleman khususnya bidang pertanian dan perternakan,” kata Kustini.

Sementara Dr. Ir. Sujono, MP., Wakil Direktur I Polbangtan Yogyakarta Magelang mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab Sleman dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia, khususnya petani dan peternak, yang ada di Kabupaten Sleman. Pihaknya juga akan terus melaporkan perkembangan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut, agar hasil yang diharapkan dapat tercapai secara optimal.

“Nanti setiap semester akan kami laporkan perkembangan dari mahasiswa tersebut. Bahkan tidak perlu menunggu akhir semester, kalau ada informasi yang perlu disampaikan, nanti kita sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan,”¬†ucapnya.