Bupati Sleman Peringati Haornas 2023 Bersama KKG Kapanewon Depok

Dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023, Kelompok Kerja Guru (KKG) Kapanewon Depok gugus 8 menggelar acara bertajuk Nawasena, Jumat (8/9), di Jogja Bay, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Diantara kegiatan yang diadakan yakni senam Sleman Bangkit, festival gangsing bambu, dan gelar budaya Saparan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Ia menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KKG Depok gugus 8 ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana mensosialisasikan budaya hidup sehat, khususnya untuk para murid dan tenaga pendidik.

“Kegiatan ini juga bisa mengajari anak-anak untuk mencintai kearifan lokal yang kita miliki, seperti permainan gangsing bambu dan gelar budaya Saparan yang diadakan pagi ini,” ucapnya.

Sementara ketua panitia acara tersebut, Hidayat, A.Ma., menjelaskan acara ini diikuti oleh sebanyak 1891 siswa dari tujuh SD yang tergabung dalam gugus 8 Kapanewon Depok. Dalam acara tersebut juga diadakan gelar budaya Saparan dengan berebut gunungan yang berisi kue tradisional apem.

“Kalau festival gangsing bambu ini tujuannya untuk melatih motorik anak, sekaligus melestarikan permainan tradisional kita,” jelasnya.

Dijelaskan kegiatan ini mengangkat tema “Masa Depan Yang Cerah”. Tujuan dari acara ini sebagai wujud syukur KKG Kapanewon Depok gugus 8 atas kenikmatan yang telah dianugerahkan Tuhan┬ákepada┬ákita.