Buka Lomba Gelar Karya Merdeka Antar SD se-Kapanewon Depok, Kustini Harap Bisa Jadi Ajang Unjuk Kreativitas Siswa dan Guru

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka Gelar Karya Merdeka yang diadakan di SDN Condongcatur, Depok, Sleman, pada Rabu (30/8) pagi. Pada kegiatan yang digagas oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Kapanewon Depok ini melombakan hasil karya dari masing-masing sekolah di tingkat SD se-Kapanewon Depok.

Kustini mengapresiasi serta mendukung kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini. Menurutnya kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi siswa dan guru untuk unjuk kreativitas dan potensi dari sekolahnya masing-masing. Diharapkan melalui kegiatan ini potensi siswa dapat berkembang secara optimal, sehingga para generasi penerus ini dapat mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 nanti.

“Saya harap kegiatan seperti ini dapat bisa diadakan juga oleh kapanewon-kapanewon lain,” kata Kustini.

Sementara Eti Daniasyuti, S.Pd., M.pd., selaku Ketua KKG Kapanewon Depok menerangkan bahwa KKG Kapanewon Depok merupakan KKG yang pertama kali menginisiasi kegiatan Gelar Karya Merdeka se-Kabupaten Sleman. Dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dana hibah yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman kepada setiap kapanewon guna pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan.

“Dana hibah itu di tahun-tahun sebelumnya untuk bimtek pengembangan potensi tenaga pendidik. Kemudian dari bimtek itu kita aktualisasikan dalam karya,” jelasnya.

Lomba kreativitas antar gugus ini diikuti oleh sebanyak 9 gugus se-Kapanewon Depok. Masing-masing gugus berlomba untuk menampilkan potensi yang dimilikinya baik itu dalam hal pendidikan, kesenian, kerajinan, dan lainnya. Adapun tema yang diangkat pada acara ini adalah “Merdeka Berkarya Berasaskan┬áPancasila”.